Budaya Literasi

Para ASN dituntut untuk tetap cepat dalam memberikan pelayanan di tengah era disrupsi. Akselerasi kompetensi digital ASN dilakukan untuk merespon tantangan tersebut. "Yang penting dan wajib dilakukan adalah menggalakkan budaya literasi teknologi pada ASN, seperti literasi digital dan literasi data," kata si penuntut. Kompetensi literasi digital melibatkan kemampuan dalam menggunakan teknologi digital dan informasi untuk menyelesaikan pekerjaan.

Pola Pikir

Sementara itu, kompetensi literasi data melibatkan pemahaman potensi data yang melimpah dan penggunaan big data untuk pengambilan kebijakan yang tepat dan pelayanan publik yang berkualitas. Peningkatan kompetensi ini diharapkan dapat membentuk pola pikir ASN yang komprehensif, holistik, dan sistematis melalui penguasaan teknologi, sehingga memiliki integritas tinggi dan profesional dalam pelayanan.

Peningkatan kompetensi di bidang teknologi digital untuk seluruh ASN, agar semakin cakap digital dalam menjalankan tugas dan fungsi mereka. ASN memiliki tiga fungsi, yaitu pelaksana kebijakan publik, pelayanan publik, serta perekat dan pemersatu bangsa.

Pemanfaatan TI

Ada tiga isu strategis nasional yang perlu kita sikapi bersama, seperti revolusi industri 4.0, bonus demografi, dan pandemi Covid-19 yang telah mendorong penggunaan teknologi informasi. Peningkatan kompetensi digital diperlukan untuk menghadapi fungsi ASN dan isu strategis tersebut, seperti penguasaan dan pemanfaatan teknologi informasi.

Pelayanan Kepada Masyarakat

Penguasaan teknologi juga dapat mendukung penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), di mana ASN menggunakan teknologi informasi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Literasi digital dapat membantu menciptakan instansi yang berdaya saing, sejahtera, bermanfaat, dan unggul di Indonesia, sesuai dengan visi dan misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah pemerintah. Peningkatan kompetensi literasi digital ASN diharapkan dapat menjawab tuntutan perubahan dan kebutuhan reformasi serta transformasi birokrasi.

=

Lebih lanjut dijelaskan dalam KBBI, Era Disrupsi adalah masa dimana perubahan-perubahan yang terjadi disebabkan karena adanya inovasi yang begitu hebat sehingga mengubah sistem dan tatanan kehidupan masyarakat secara luas.