Kendala umum yang biasa dihadapi pegawai

setelah mengetahui penyebabnya, biasanya akan tahu solusinya, atau setidaknya sudah tahu apa yang mesti dilakukan.

hal yang dihindari adalah menuduh admin mengubah password hanya berdasarkan logika separuh. padahal, untungnya apa coba mengubah password?, apakah dengan mengubah password secara diam-diam maka akan otomatis mendapatkan bonus mobil mitsubisi pajero sporty?. (pliz deh, gunakan logika utuh)


1. Hilang Fokus

2. Ada Spasi di Belakang NIP

3. Terburu-buru

4. Login Pakai NIP Orang Lain

5. Memasukan Password Orang Lain

6. Jaringan Hilang

7. Kuota Habis

8. Wifi Belum Bayar Tagihan

9. Password Lama

10. Terubah Password

baca juga : tidak bisa login

1. Hilang Fokus

Akibat hilang fokus, kemungkinan melakuka kesalahan tanpa tersadari misal Password menggunakan Password email pribadi, Password banking, terhapus 1 atau lebih angka pada nip

 

2. Ada Spasi di Belakang NIP

Tidak sedikit yang mengalami kasus ini, dibelakan NIP terdapat spasi, terkadang ada sebuah bahasa pemrograman yang mengganggap spasi adalah sebuah karakter sehingga dianggap itu sebuah kata kunci

 

3. Terburu-buru

Entah ada sesuatu hal, kesiangan, keperluan, kelupaan, sehingga terburu-berburu waktu melakukan presensi, akibatnya, melakukan kesalahan kecil tanpa disadari itu sebuah kesalahan.

Kesalahan yang dimaksud adalah lupa mengaktifkan menu lokasi dari hp atau sebelumnya tanpa sengaja terpencet menu lokasi menjadi tidak aktif, atau tanpa sengaja menonaktifkan mode pesawat terbang

 


4. Login Pakai NIP Orang Lain

Terburu-buru kehabisan waktu atau sebuah keperluan khusus berbarengan dengan waktu untuk melakukan presensi hingga hilang fokus, NIP yang dimasukan adalah NIP milik orang lain dan tidak sempat membaca NIP yang muncul dilayar hp


5. Memasukan Password Orang Lain

Menggunakan Password milik oranglain, akibatnya gagal login.

Dapat juga login menggunakan laptop, yang dimasukan NIP sendiri tapi menggunakan Password milik orang lain, login menggunakan NIP orang lain dan Password milik kita.

Semua ini dilakukan pada alam bawah sadar

 

6. Jaringan Hilang

Hanya terfokus pada kolom username dan Password, tanpa cek ulang jaringan di layar hp

 

7. Kuota Habis

Kendala umum sering terjadi, meski seringkali dapat notifikasi sms manula tentang kuota habis, namun seringkali diabaikan pesan tersebut. Akibatnya, pada suatu waktu melakukan presensi gagal login yang disebabkan kehabisan kuota

 

8. Wifi belum bayar tagihan

Wifi kantor belum melakukan tagihan pembayaran, batas tenggang pembayaran, kuota wifi kehabisan

 

9. Password Lama

Dalam sebuah waktu pernah mengubah Password lama pusaka menjadi Password baru, namun ketika login ke pusaka malah menggunakan Password lama pusaka, dan hal ini terus dilakukan secara berulang.

Ada juga, pernah mengubah Password email pribadi, namun ketika login pusaka menggunakan Password email.

 

10. Terubah Password

Hal ini sering dialami, ketika mereset password Simpeg5, dan Password untuk Login ke Aplikasi MyAsn atau E-kinerja.

Tujuan awal adalah ingin mereset Password ekin, malah yang direset Password simpeg5 atau email kemenag, sehingga berdampak pada tidak bisa login ke pusaka.

Ada juga, mereset Password email kemenag tapi login di aplikasi simpeg5 dan menggantinya menggunakan Password email pribadi.


Tambahan

1. Cara Kerja SSO

Banyak yang belum memahami cara kerja reset Password, SSO (single sign on) atau 1 paswod dapat login ke beberapa aplikasi. Tidak sedikit yang menganggap bahwa SSO itu berlaku universal, padahal dalam kenyataanya, ada 2 jenis SSO, yaitu SSO versi Kemenag dan versi BKN.

SSO versi Kemenag hanya dapat mengakses ke beberapa aplikasi dibawah naungan kemenag seperti Simpeg5, simpeg4, pusaka, absensi.

SSO versi BKN hanya dapat digunakan untuk mengakses beberapa aplikasi dibawah naungan BKN seperti MyAsn sebelumnya MySapk, ekinerja.


2. Fake GPS

Seringkali beranggapan merasa nyaman menggunakan aplikasi ilegal untuk melakukan ketidakjujuran dalam presensi, padahal ketika terjadi swipping, berakibat gagal login secara masal, atau eror masal, atau eror personal pada salah satu satuan kerja.


3. Nitip Absen

Sudah menjadi rahasia umum, melakukan nitip absen secara berlangganan untuk menyempurkann kemasalasan dalam diri seseorang.

adakalanya, malas adalah idenitas terbaik dari diri seseorang sehingga merasa bangga dengan kemalasan datang ke tempat kerja.

akibat terlalu sering nitip absen, bisa berimbas pada 10 atau salah satu dari 10 kendala gagal login pusaka